Ciri ciri Kecanduan Media Sosial

Sabtu, 19 Oktober 2013 0 komentar


kecanduan media sosial

Media sosial menjadi media utama yang selalu diaskes saat semua orang sudah terhubung ke internet.Mengapa media sosial bisa membuat orang menjadi candu? Karena media terseut bisa mengakses segalanya dan bisa terhubung ke semuanya.Lalu apa yang bisa dilakukan di media sosial sehingga orang selalu fokus utama ke media social? Banyak dan beraneka ragam dimulai dari komunikasi dan berbagi atau sharing.Contohnya komunikasi melalui chatting dan sharing data,foto,status dan semuanya yang disediakan oleh fasilitas dari media sosial tersebut.

Apa saja yang termasuk media sosial,sehingga banyak orang selalu terfokus pada media sosial? Media sosial itu ada banyak tapi paling sering yang sering dibuka dan diakses adalah Facebook, Twitter, Google Plus, serta lainnya yang banyak ditemukan di Google.Tidak bisa kita lepas peran dari media sosial dalam lingkungan dunia internet,melalui media sosial semua bisa didapatkan dan dikabarkan kepada orang terdekat maupun jauh dari lingkungan kita.

Terlepas dari itu hampir setiap harinya dalam kehidupan kita media sosial menjadi salah satu bagian utama dari kebutuhan akan informasi yang kita inginkan.Bisa terlihat setiap kita melakukan aktifitas harian baik di sekolah,kantor ,rumah dan lainnya media sosial selalu diakses dan dibuka hanya untuk sekedar memberi informasi yang berada di sekitar kita.Media sosial dijadikan sebagai kebutuhan untuk berbagi dan menerima informasi dari teman-teman yang tergabung dalam jaringan media sosial tersebut.

Lalu apakah media sosial ini bisa membuat penggunanya menjadi kecanduan atau selalu menjadi rutinitas untuk dibuka dan diaskes?Tentu bisa,kalau diperhatikan pengaruh media sosial ini sangat besar terhadap pencapain hasil kerja atau aktifitas kita sehari-harinya atau bahkan dapat mempengaruhi nilai kerja kita setiap harinya.Alasannya adalah media sosial sudah menyita atau sudah mengambil fokus kita terhadap apa yang hendak kita kerjakan untuk itu media sosial sudah menjadi kebutuhan utama bagi setiap pengguna internet didunia.

Maka dari itu akan disimpulkan yang bagaimana dikatakan penggunanya dikatakan sebagai user yang candu terhadapa media social.Berikut beberapa ciri-ciri kecanduan media sosial :

1.Setiap dimana saja atau kapan saja selalu membuka media sosialuntuk update status atau sekedar berbagi photo untuk dishare.Ini terlihat sekali dan jelas ketika penggunanya sedang dalam keadaan apapun itu maka statusnya adalah menggambarkan apa yang sedang dilakukannya sekarang atau keadaan yang sedang terjadi pada user tersebut.Atau perasaan atau tindakan  yang sedang terjadi pada saat itu juga maka itulah yang diungkapkan dalam jejaring sosialnya.

2.Media sosial baik itu facebook ataupun twitter selalu menjadi halaman utamaatau halaman pertama yang dibuka ketik sedang online.

3.Facebook atau twitter belum sign out  atau tidak pernah keluar dari gadget yang dimiliki.
.Dalam gadget tersebut baik menggunakan Ipad,Handphone maupun smartphone facebook tidak perlu login karena otomatis facebook masih dalam keadaan ON.

4.Sering telat tidur atau bangun kesiangan
Ini terjadi karena waktu tidur di kamar kebanyakan digunakan untuk bermain facebook atau twitter.Sehingga jam tidurnya berkurang dan akhirnya bangun kesiangaan yang akibatnya telat masuk kantor atau sekolah.

5.Akun yang dimiliki lebih dari 1.
Kita tidak tahu tujuan dari akun yang banyak biasanya dijumpai pada akun facebook yang lebih dari 1 dengan nama dan photo yang berbeda-beda.

6.Rajin update status dan balas komentar.
Untuk yang satu ini sudah agak fatal karena sudah terjebak aktif dalam respon status ataupun komentar yang muncul pada notifikasi atau pemberitahuan facebooknya.

7.Tidak peduli dengan waktu.
Kebanyakan ini sering terjadi pada kita sebagai penggunanya yakni sering melupakan waktu penting untuk bekerja atau belajar,karena faktor ketagihan dan keasyikan dari media sosial tersebut.Sehingga waktu untuk fokus kepekerjaan jadi berkurang akibat terjebak di media sosial itu tadi.Alhasil kita sering menunda-menunda pekerjaan yang seharusnya secepatnya dikerjakan.

8.Sering Lupa
Kalau sudah terjerat media sosial ada sesuatu hal yang membuat kita lupa untuk mengerjakan atau melaksanakannya.Mengapa begitu yah? Yah itu tadi karena fokus pikiran kita sudah terpusat ke media sosial tersebut alhasil tugas atau sesuatu hal didunia nyata menjadi lupa untuk dikerjakan.

Mungkin ini dulu yang bisa disampaikan disini supaya kita tidak terjerat /candu terhadap media sosial yang sedang berkembang sekarang ini dan juga yang menjadi sarana untuk berbagi dan menerima informasi dalam dunia maya atau dunia internet.Jika anda pernah kecanduan dari media sosial yang adan sekarang ini anda bisa menambahkan cirri-ciri tersebut dikolom komentar bawah, supaya ini menjadi bahan pelajaran kita sebagai penggunanya agar tidak selalu terfokus dan selalu aktif di media sosial.Ada baiknya manfaatkan waktu sebaik mungkin untuk mendapatkan hasil yang baik dari media sosial yang tersedia sekarang ini.


0 komentar:

Posting Komentar

 

©Copyright 2011 Cara-Ne